LEMBAR KERJA SISWA

 Jenis Limbah dan Daur Ulang Limbah

 

Topik                          :    Jenis – jenis limbah dan daur ulang limbah

Tujuan pengamatan  :    Siswa mampu menganalisis jenis limbah dan daur ulang limbah

 

Pendahuluan

            Limbah adalah buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi baik industri maupun domestik (rumah tangga) yang lebih dikenal sebagai sampah dan kehadirannya pada suatu saat dan tempat tertentu tidak dikehendaki lingkungan karena tidak memiliki nilai ekonomis. Bila ditinjau secara kimiawi, limbah ini terdiri dari bahan kimia senyawa organik dan senyawa anorganik.

Berdasarkan karakteristiknya limbah industri dapat digolongkan menjadi 4 bagian :

  1. Limbah cair
  2. Limbah padat
  3. Limbah gas dan partikel
  4. Limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun)

a.        Limbah Cair

Limbah cair adalah sisa dari suatu hasil usaha atau kegiatan yang berwujud cair (PP 82 tahun 2001). Jenis – jenis limbah cair dapat digolongkan berdasarkan pada sifat fisika dan sifat agregat, parameter logam contohnya pada Arsenik (As) dengan metoda SSA, anorganik non metalik, organik agregat, mikroorganisme, sifat khusus, air laut contohnya tembaga (Cu) dengan metoda SPR-IDA-SSA.

b.        Limbah Padat

Limbah padat berasal dari kegiatan industri dan domestik. Limbah domestik pada umumnya berbentuk limbah padat rumah tangga, limbah padat kegiatan perdagangan, perkantoran, peternakan, pertanian serta dari tempat – tempat umum. Jenis – jenis limbah padat : kertas, kayu, kain, karet/kulit tiruan, plastik, metal, gelas/kaca, organik, bakteri, kulit telur, dan lain – lain.

c.         Limbah gas dan partikel

Polusi udara adalah tercemarnya udara oleh beberapa partikulat zat (limbah) yang mengandung partikel (asap dan jelaga), hidrokarbon, sulfur dioksida, nitrogen oksida, ozon (asap kabut fotokimiawi), karbon monoksida dan timah.

d.      Limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun)

Suatu limbah digolongkan sebagai limbah B3 bila mengandung bahan berbahaya atau beracun yang sifat dan konsentrasinya, baik langsung maupun tidak langsung, dapat merusak atau mencemarkan lingkungan hidup atau membahayakan kesehatan manusia.Yang termasuk limbah B3 antara lain adalah bahan baku yang berbahaya dan beracun yang tidak digunakan lagi karena rusak, sisa kemasan, tumpahan, sisa proses, dan oli bekas kapal yang memerlukan penanganan dan pengolahan khusus.

Bahan-bahan ini termasuk limbah B3 bila memiliki salah satu atau lebih karakteristik berikut: mudah meledak, mudah terbakar, bersifat reaktif, beracun, menyebabkan infeksi, bersifat korosif, dan lain-lain, yang bila diuji dengan toksikologi dapat diketahui termasuk limbah B3. Limbah B3 dapat diklasifikasikan menjadi primary sludge, chemical sludge, excess activated sludge, digested sludge.

Alat dan Bahan

  1. Alat tulis
  2. Kertas
  3. Kamera

Langkah Kerja

  1. Tentukan lokasi observasi sesuai dengan tugas tiap per kelompok (rumah, pasar, sekolah, sungai).
  2. Setiap kelompok melakukan kegiatan pengamatan di masing – masing lokasi yang telah ditentukan. Kegiatan pengamatan dilakukan selama dua hari.
  3. Kumpulkan data tentang jenis sampah yang ada di lokasi pengamatan. Kategorikan jenis sampah tersebut berdasarkan kriteria berikut ini yaitu :
  • Limbah organik
  • Limbah anorganik
  • Limbah yang dapat didaur ulang
  1. Masukkan data hasil pengamatan tersebut ke dalam lembar hasil pengamatan.
  2. Identifikasi cara yang dilakukan oleh masyarakat di sekitar lokasi pengamatan untuk mengamati limbah tersebut
  3. Mencari informasi dari berbagai sumber literatur (koran, majalah, dan lain – lain) tentang limbah golongan B3 (Beracun dan Berbahaya) dan dampaknya bagi manusia dan ekosistem.
  4. Lengkapi hasil observasi dan pencarian informasi dengan gambar atau foto
  5. Laporkan hasil observasi dan pencarian informasi dalam bentuk jawaban LKS dan presentasi.

Pertanyaan sebelum pengamatan !

  1. Apakah yang dimaksud dengan limbah ?
  2. Sebutkan macam – macam limbah berdasarkan karakteristiknya !
  3. Apa saja kriteria limbah yang dapat digolongkan ke dalam limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) ?
  4. Sebutkan klasifikasi limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) !

 

Rumusan Masalah

Tulislah rumusan masalah yang akan menjadi dasar pada hipotesis

 

Hipotesis

Pernyataan sementara yang akan Anda ajukan mengenai pemahaman Anda terhadap materi limbah di atas dengan berdasarkan pada rumusan masalah

 

     LEMBAR HASIL PENGAMATAN

 

Lokasi Pengamatan     :           ………………………………………………….

Tanggal Pengamatan   :           ………………………………………………….

Kelompok                   :           ………………………………………………….

Dalam bentuk tabel

No Nama Limbah Organik Anorganik Dapat didaur ulang
         
         
         
         
dst…        

 

Pertanyaan setelah praktikum!

  1. Dari hasil pengamatan, jelaskaskan cara – cara yang dilakukan oleh masyarakat di sekitar lokasi pengamatan untuk mengatasi limbah tersebut !
  2. Apakah dampak limbah golongan B3 (Beracun dan Bebahaya) bagi manusia dan ekosistem ?
  3. Apa kriteria kualitas limbah yang dapat digunakan sebagai parameter polutan? Jelaskan !
  4. Buatlah refleksi diri tentang usaha yang telah dilakukan  untuk mengatasi limbah yang ada di rumah dan di lingkungan serta buatlah rancangan atau usulan usaha untuk mengatasi limbah tersebut ? Perkirakan apakah rancangan tersebut dapat efektif jika dilaksanakan ?

 

Pembahasan

Pembahasan yang akan Anda jabarkan dibandingkan dengan referensi baik yang berasal dari media cetak maupun elektronik. Yaitu membandingkan hasil pengamatan Anda pada Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan referensi.

 

 Kesimpulan

Kesimpulan yang Anda peroleh dari Lembar Kerja Siswa (Pengamatan yang telah Anda lakukan)

 

Daftar Pustaka

Daftar Pustaka yang akan menjadi sumber referensi bagi Anda. Baik yang berasal dari media elektronik maupun media cetak.

 

 

 

About these ads